Kamis, 23 Juni 2011

e-Goverment & e-Commerce

e-Goverment

Pemerintahan elektronik atau e-government :
adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G).

Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government
adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
Jika e-government seringkali dianggap sebagai pemerintahan online ("online government") atau pemerintahan berbasis internet ("Internet-based government"), banyak teknologi pemerintahan elektronik non-internet yang dapat digunakan dalam konteks ini.

Beberapa bentuk non-internet
termasuk telepon, faksimil, PDA, SMS, MMS, jaringan dan layanan nirkabel (wireless networks and services), Bluetooth, CCTV, sistem penjejak (tracking systems), RFID, indentifikasi biometrik, manajemen dan penegakan peraturan lalu lintas jalan, kartu identitas (KTP), kartu pintar (smart card) serta aplikasi NFC lainnya; ; teknologi polling station (dimana e-voting non-online kini dipertimbangkan), penyampaian penyampaian layanan pemerintahan berbasis TV dan radio, surat-e, fasilitas komunitas online, newsgroup dan electronic mailing list, chat online, serta teknologi pesan instan (instant messenger). Ada pula sejumlah sub-kategori dari e-government spesifik seperti m-government (mobile government), u-government (ubiquitous government), dan g-government (aplikasi GIS/GPS untuk e-government).
Ada banyak pertimbangan dan dampak potensial penerapan dan perancangan e-government, termasuk disintermediasi pemerintah dengan warganya, dampak pada faktor sosial, ekonomi, dan politik, serta halangan oleh status quo pada ranah ini.

Pada sejumlah negara seperti Britania Raya
e-government digunakan untuk mengajak kembali ketertarikan warganya pada proses politik. Dalam hal tertentu bahkan dilakukan eksperiman dengan pemilu elektronik, dimana meningkatkan partisipasi pemilu dengan membuat pemilu menjadi mudah. Komisi Pemilihan Umum Britania Raya telah melakukan sejumlah proyek percontohan, meski dibayang-bayangi kekhawatiran akan kecurangan alat ini.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pemerintahan_elektronik

e-commerce

1. 1. Pengertian E-Commerce
Electronic commerce terdiri dari pembelian dan penjualan produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Hal ini lebih dari sekedar membeli dan menjual produk secara online. Hal ini juga mencakup seluruh proses online pengembangan, pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan dan membayar untuk produk dan jasa. Jumlah perdagangan dilakukan secara elektronik telah berkembang luar biasa dengan penggunaan internet yang meluas. Penggunaan perdagangan dilakukan dengan cara ini, memacu dan menggambar pada inovasi dalam transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), inventarisasi sistem manajemen, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di beberapa titik dalam siklus transaksi itu, meskipun dapat mencakup berbagai teknologi yang lebih luas seperti e-mail, perangkat mobile dan telepon juga.

Sebagian besar elektronik commerce dilakukan sepenuhnya elektronik untuk virtual seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web, namun sebagian besar elektronik commerce melibatkan transportasi fisik item dalam beberapa cara. Online pengecer kadang-kadang dikenal sebagai e-tailers dan eceran online kadang dikenal sebagai e-ekor. Hampir semua pengecer besar telah elektronik commerce keberadaan di World Wide Web.

http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_commerce

2. 2. Kelebihan & Kekurangan E-Commerce
Kelebihan :
> Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
> Meningkatkan daya saing perusahaan
> Menggantikan konsep manual
> Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
> Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
> Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.

Kekurangan :
> Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
> Penjelasan produk kurang jelas
> Harga terkadang tidak sesuai
> Produk kurang dikenal oleh masyarakat
> Kurang aman dalam melakukan transaksi
> Tampilan produk kurang jelas
> sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.

http://www.gahara88.co.cc/2010/03/kelebihan-e-commerce-meningkatkan.html

3. 3. Manfaat E-commerce

* Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
* Bagi Pengelola bisnis: efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
* Bagi Manajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.


4. 4. Aplikasi E-Commerce

Ada beberapa macam aplikasi E-Commerce yaitu :

1. Magento ( www.magentocommerce.com )
Aplikasi ini mendukung clean URL ( Tampilan URL yang sederhana dan mudah dibaca) dan optimalisasi di mesin pencari. Fitur yang disediakan terdiri dari sistem kupon diskon, pentetakan faktur,laporan penjualan, dan fasilitas review terhadap produk. Customize mudah dilakukan.

2. OpenCart ( www.opencart.com )
bAdalah aplikasi e-commerce yang berbasis PHP. Mudah dirancang dan SEO firendly, mendukung berbagai mata uang, pilihan bahasa, pilihan jalur pembayaran, dan metode pengiriman.
3. PrestaShop (www.prestashop.com)
Aplikasi ini terdiri atas front office dan back office. Fitur cukup lengkap, diantaranya pengelolaan inventaris, pesanan, pembayaran, dan pengiriman secara real time. Aplikasi ini juga memungkinkan pembuatan kenggotaan dengna fasilitas pendaftaran pelanggan.
4. ZenCart ( www.zen-cart.com )
Aplikasi ini didukung oleh PHP dan MySql, mudah diinstal, menyediakan fitur kupon diskon berdasarkan kuantitas, beragam pilihan cara pembayaran, dan pengiriman, fitur produk andalan, dan kemudahan penambahan notifikasi.
5. osCommerce ( www.oscommerce.com )
Aplikasi ini memiliki banyak fitur dengan proses set up yang cepat dan mudah. APlikasi ini tersedia secara gratis dibawah lisensi GNU General Public License dengan dukungan komunitas yang besar dan aktif.
6. CubeCart ( www.cudecart.com )
Aplikasi ini cukup populer dan mendukung PHP dan MySql. Aplikasi ini gratis, namun untuk tulisan Hak Cipta yang ada pada footer tidak boleh diganti, jika ingin dihilangkan tulisan tersebut, harus bayar USD 90. CubeCart versi 4 tidak ada yang gratis.
7. AgoraCart ( www.agoracart.com )
Aplikasi ini dibuat dengan Perl/MySql mendukung CSS Manager yang memungkinkan kita melakukan perubahan tampilan toko secara online.
8. WordPress ( www.wordpress.com )
Ini merupakan Aplikasi blogging, namun dengan penambahan fitur Plugin e-commerce, anda bisa membuat toko online. Di samping Anda bisa ngeblog, Anda juga bisa membuat Toko Online.

http://elco-dezhign.com/blog/archives/93

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar